Teknik Audio Video
logo-smk-bisa

Memilih jurusan memang sebaiknya disesuaikan dengan minat dan bakat, untuk itu calon siswa-siswi harus memahami dirinya sendiri agar tidak salah memilih jurusan, dan kelak akan memperlancar Proses Belajar Mengajar dan tercapainya hasil akhir yang sangat memuaskan seorang Teknisi yang handal dibidangnya mempunyai pemahaman diri dan kode etik baik dalam bertindak, bersikap maupun berucap, menjunjung tinggi citra almamater sekolah.

Jurusan Teknik Audio Video, merupakan salah satu diantara beberapa jurusan yang ada di SMKN 2 KALIANDA yang mendidik dan membekali siswa-siswinya terampil dan profesional dibidang audio video, pembuatan perangkat audio, mengoperasikan sound system, memahami multi media perekaman baik suara maupun gambar sampai proses editing dan siap untuk dipublikasikan atau sebagai movie documenter. Terampil dan memahami bidang pertelevisian, system pengoperasian, perawatan dan perbaikan, juga pemahaman proses siaran Televisi. Menguasai program-program computer yang menunjang proses teknik audio video.

Jurusan TAV secara otomatis akan membentuk kepribadian yang sabar dan tekun serta tidak mudah menyerah dengan kegagalan dan yang istimewa secara kondisional membentuk jiwa dan kepribadian yang romantic maksudnya lemah lembut dan berani. Sebagai contoh dalam praktik pembuatan power amplifier, dalam perencanaan layout PCB harus dengan tingkat ketekunan yang tinggi, tidak boleh ada satu jalur pun yang terputus tidak sesuai dengan rangkaian harus zero error, kemudian pemasangan komponen, penyoldiran, satu persatu komponen harus diperlakukan lemah lembut tidak boleh diperlakukan kasar, pada saat proses penyoldiran pernafasan harus teratur untuk menghasilkan soldiran yang matang dan halus.

Proses perakitan dan pengawatan sudah selesai dengan teliti pengecekan ulang dilakukan untuk memastikan tidak terjadi kesalahan satupun dari rangkaian yang sudah dibuat. Kemudian proses selanjutnya diperlukan keberanian untuk uji coba, masukan sumber tenaga dan pengoperasian rangkaian hingga berhasil dengan sempurna. Jika terjadi kegagalan maka perlu pengecekan ulang diperlukan ketelitian, ketekunan dan kesabaran, coba lagi, cek ulang dan coba lagi hingga berhasil sempurna.