SMK Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan yang berada di jalan Sukarno Hatta Km.52 Lampung Selatan merupakan salah satu sekolah kejuruan berbasis teknologi terbesar yang ada di Lampung ,bisa dilihat dari piala yang menumpuk diruangan sekolah tersebut juga dari jumlah muridnya nya yang lebih dari 1000 siswa dan dewan guru dan staff nya yang berjumlah lebih dari 100 serta tentunya sesuai dengan bidang keahliannya serta terbagi atas 35 rombongan belajar.


Elita Sari ST.MT. Kepala SMK Negeri 2 (foto: Lampungsai)

Elita Sari ST.MT selaku kepala sekolah SMK N 2 Kalianda yang ditemui lampungsai.com diruangannya mengatakan bahwa sekolah ini dilengkapi dengan 32 cctv yang tersebar diseluruh lokasi disekolah ini, serta setiap kejuruan kelasnya ada laboratorium khusus untuk menunjang praktikum siswa yang ada karena memang disekolah kejuruan kita lebih mengutamakan praktek ” 70persen praktek dan 30persen teori sesuai dengan moto sekolah ini yaitu Kreatif , Inovatif , Inspiratif ” ungkapnya.


Monitor Terhubung Dengan CCTV Untuk Mementau Kegiatan SMK Negeri 2 (foto: Lampungsai)

Saat ini SMK Negeri 2 memiliki 5 jurusan antara lain Tehnik mesin yang terbagi 3 jurusan yaitu teknik kendaraan ringan, tehnik sepeda motor dengan kelas unggulan Honda, dan tehnik pemesinan buat mesin industri .

Tehnik elektro yang terbagi 2 jurusan yaitu pemanfaatan instalasi tenaga listrik dan tehnik audio video.

Tehnik bangunan yang terbagi 2 jurusan yaitu tehnik gambar bangunan dan tehnik kontruksi beton.

Tehnik komputer jaringan terbagi 2 jurusan yaitu kelas reguler dan kelas axioo yang juga merupakan kelas unggulan dari jurusan ini.

yang terakhir adalah Budidaya agribisnis perikanan yang terbagi 2 yaitu budidaya ikan air tawar dan budidaya udang.

“Kesemuanya kita miliki tempat dan lab tersendiri buat siswa praktikum ” ungkapnya lagi.

Selain itu untuk kelas axioo nantinya lulusan ini akan diberikan 9 sertifikat bertaraf internasional dari axioo dan untuk kelas honda diberikan 1 sertifikat bertaraf nasional dan tentunya lebih mempermudah siswa nantinya yang akan langsung turun di dunia kerja “paparnya lebih lanjut.

SMK Negeri 2 kalianda pun sudah berulang kali mengikuti perlombaan tingkat nasional diantaranya pada tahun 2013 lalu mewakili lampung mengikuti ajang skill kontest daihatsu dan tahun 2015 lalu mengikuti lomba cipta karya inovasi yang mana SMK ini memanfaatkan tulang limbah tulang ikan dijadikan makanan cemilan yaitu stik tulang ikan ” tambahnya.


Sebagian Kecil Piala Yang Ada Di Ruangan Kepsek (Foto : Lampungsai)

Kelas Axioo SMK Negeri 2 Kalianda

Menurut kepala jurusan tekhnik komputer jaringan Sutrisno menjelaskan bahwa kelas ini dibentuk baru tahun ini dengan menggandeng kerjasama dengan pihak axioo sendiri , kelas buat belajar pun khusus karena pembelajarannya (axioo class smart room) menggunakan proyektor film dengan pembelajaran sesuai standard internasional pula karena guru yang mengajar disini pun bersertifikat dari axioo itu sendiri ” ujarnya.


Siswa Yang Sedang Praktek Dikelas Axioo (foto : Lampungsai)

Nantinya bagi siswa yang telah menyelesaikan studi di kelas axioo ini mendapatkan 9 sertifikat bertaraf internasional yaitu  Hardware Fundamental (ACP 1),  Hardware Maintenance (ACP 2), Hardware Troubleshooting (ACP 3),  Business Management (ACP 4),  Technical Support (Seagate 1),  Customer Technical Support (Seagate 2),  Mikrotik Certified Network Admin (MTCNA),Microsoft Network Fundamental (MTA) , dan Surveillance Technical Support (ACTI).


Murid Kelas Axioo Sedang Belajar ( Foto : Lampungsai)

Seleksi untuk siswa yang ingin masuk dikelas inipun langsung dari axiio untuk tim pengujinya jadi standard yang diterapkan juga merupakan standard internasional ” Diharapkan anak yang lulus dari kelas axioo ini bisa lebih mudah untuk diterima di dunia kerja ” ungkapnya.

Di Lampung Sendiri baru 2 SMK yang bekerjasama dengan axioo yaitu di kabupaten Way Kanan tepatnya di kecamatan Banjit dan kabupaten Lampung Selatan di kecamatan Kalianda tepatnya di SMK Negeri 2.

Kelas Honda SMK Negeri 2 Kalianda

Bambang Parwito Adi selaku kepala jurusan Tehnik Mesin mengatakan bahwa kelas Honda ini dibuka baru 2 tahun ini dan kurikulum yang diterapkan pun kurikulum Honda juga, dengan laboratorium praktek standar dari honda pula, nantinya untuk praktek kerja nya juga di dealer-dealer resmi honda yang tersebar dilampung.


Kelas Honda Saat Praktek (Foto : Lampungsai)

Sertifikat yang diterima adalah sertifikat Mekanik Level 1, yang sudah diakui oleh dealer honda, jadi kelulusan dari sini bisa langsung bekerja di dealer-dealer resmi honda yang ada.

Seleksi untuk siswa yang masuk pun langsung diseleksi oleh pihak honda sebagai penyelenggara dari kelas ini serta guru yang telah tersertifikasi dari Honda.

Supriyanto selaku waka humas SMK negeri 2 ditempat terpisah menambahkan bahwa pendaftar yang ingin bersekolah di SMK ini selalu over kapasitas , dari penerimaan sekitar 300an murid setiap tahunnya pendaftar mencapai lebih dari 700 siswa, selain itu sekolah ini membuka jalur khusus bagi siswa yang berprestasi dalam belajar maupun olahraga , hanya mengambil 4 orang setiap jurusannya ” jurusan yang paling banyak pendaftarnya biasanya tekhnik mesin dan tekhnik komputer jaringan juga kebanyakan murid yang mendaftar bukan didominasi dari kalianda tapi dari luar kalianda” ungkapnya.

Saat ini sekolah ini pun sedang dalam proses agar dapat menjadi sekolah rujukan bagi SMK berbasis tekhnologi agar dapat membina bagi sekolah-sekolah lainnya yang ada di Lampung Selatan ” kita sedang dalam proses dan guru dari SMK N 2 Kalianda sedang mengikuti pelatihan agar nantinya bisa menjadi acessor (guru) namanya bagi guru-guru SMK kecil lainnya yang ada di daerah ini ” paparnya lebih lanjut. (gelly)